Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa Desain Interior Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang

ARSITEKA | Produsen Maket Diorama

Jl. Jl. Saturnus Sel. VI No.3, Margasari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung
08121-3301-464


Tanggal Proyek :. Februari – April 2009

Lokasi Proyek :. Kantor DPRD Kabupaten Malang di Kepanjen

Desain Ruang ini merupakan pekerjaan besar pertama kami di bidang interior, kurang lebih 600m2 luas ruang sidang ini, dan dapat menampung lebih dari 200 anggota dewan peserta rapat. Kami bahagia karena proyek ini kami anggap berhasil dalam debutnya.

Ini adalah pekerjaan renovasi/peremajaan, jd bukan merupakan desain dari awal. Konsep utama dari desain ini adalah mempertahankan kondisi yang ada namun mampu menghadirkan suasana baru, dan motivasinya tetap pada efisiensi biaya pelaksanaan, gambaran kondisi eksistingnya adalah sebagai berikut:

Eksisting1 - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang)
Eksisting2 - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang)
Eksisting3 - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang)

Sekedar karpet yang dipasang di sekeliling dinding dan lantai kurang mampu meredam gema. Dinding samping yang cenderung kosong tanpa penekanan, membuat interior eksisting menjadi kurang berbobot. Berangkat dari sini muncul ide desain partisi di dinding bagian samping, yg mampu menambah kemampuan redam gema, serta bagian ini menjadi poin utama dalam membangun suasana baru yang diinginkan klien.

Berikut ini adalah foto saat proses pembuatan partisi kayu dinding samping, yang prosesnya dibuat di workshop VEDC Malang. Alat yang digunakan sama dengan yang digunakan di pabrik-pabrik furnitur hanya saja tidak selengkap yang di pabrik, namun cara pengerjaannya sudah profesional.

Proses1 produksi partisi VEDC - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang) Proses2 produksi partisi VEDC - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang)

DESAIN AWAL (gambar desain terdapat di headline): Pada awalnya kami ingin menambah efek fokus pada panggung, dengan menambah ornamen kayu pada background panggung, sedangkan background tersebut sebelumnya adalah layar untuk proyektor yang digunakan pada saat presentasi materi, setelah background layar tersebut tergantikan oleh ornamen kayu, maka fungsi layar diganti dengan layar temporer yang dipasang di masing-masing sisi kiri-kanan panggung. Namun desain awal ini tidak disetujui klien, dengan alasan karena fokus presentasi menjadi terpecah dan layarnya menjadi lebih kecil. Sebenarnya konsep awal layar pada background tersebut bukan hanya berfungsi saat presentasi, namun juga sebagai layar lebar bagi acara yang lain, karena ternyata ruang sidang ini juga merupakan ruang serbaguna yang bisa digunakan untuk acara selain rapat anggota DPRD.

DESAIN AKHIR: Hanya penambahan ornamen kayu yg menghalangi layar background yang tereliminasi. Selain itu tambahan desain terdapat pada dinding samping bagian atas yaitu tepat di atas lampu dinding, serta ornamen tambahan pada plafond. Adapun gambar-gambar perencanaannya adalah sbb:

3D Modeling Perencanaan1 - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang) 3D Modeling Perencanaan2 - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang)
3D Modeling Perencanaan3 - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang) 3D Modeling Perencanaan4 - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang)

Ada pula kantilever lengkung yang terdapat di depan panggung, dibawahnya terdapat speaker besar yang dapat terlihat langsung dari depan, ini menggugah saya untuk menambahkan desain lagi, untuk menyamarkan speaker tersebut sekaligus menyempurnakan efek lengkung dari kantilever yang menggantung tadi, menjadi seperti berikut:

bawah panggung1 proses - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang) bawah panggung2 proses - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang)
bawah panggung3 proses - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang) bawah panggung4 finish - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang)

Kami gunakan karpet tipe Bahar/Bali dalam proyek ini harganya sekitar Rp 75rb/m2 pada waktu itu, baik untuk lantai bawah dan dindingnya, namun kami gunakan tipe karpet yang lebih bagus untuk di bagian panggung yaitu tipe Prestige yang harganya sekitar Rp200rb/m2 jg pada waktu itu. Kami bekerjasama dengan suplier Goodrich Malang, yang juga mensuplai untuk kebutuhan wallpapernya. Berikut ini dokumentasi proses pemasangan karpet:

Proses pasang karpet - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang)

Setelah menempuh waktu sekitar 2 minggu perencanaan, dan 1 bulan pelaksanaan, maka hasil akhir yang diperoleh adalah sebagai berikut:

Finish1 - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang)
Finish2 - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang)
Finish3 - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang)
Finish4 - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang)
Finish5 - Arsiteka (Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang)