Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perumahan 3 Warna

ARSITEKA | Produsen Maket Diorama

Jl. Melati 2 Blok A7/8 Bukit Cengkeh Berbunga Sukmajaya, Depok
08121-3301-464

clip_image002LAS GATE 01

Arsitek & 3D Artist : Arsiteka

Klien :. PT. Hero Properti

Kontraktor :. Tri Yuliarso

Tahun Proyek :. 2006-2007

Gaya Arsitektur :. Modern Minimalis

Perumahan ini bernama Graha Cipta Residence, berlokasi di Jl. Laksda Adi Sucipto Gg.22 Malang-Jatim, perumahan ini berdiri di atas lahan 5617m2 dengan jumlah unit 39 rumah dengan standar tipe 36/84.

Ini adalah proyek perumahan saya yang pertama, harapan saya dapat mewujudkan idealisme-idealisme yang saya bawa sejak di bangku kuliah, tapi harapan tinggalah harapan, semua itu terbentur oleh kebijakan pemilik proyek yang lebih memilih pada pendapatan yang tinggi ketimbang ikut memelihara kelestarian lingkungan.

clip_image002[4]Sebenarnya tidak ada masalah dalam desain rumahnya, hanya saja sistem pengelolaan lingkungannya yang kurang bersahabat dengan alam, yaitu minimnya ruang hijau (kurang dari 40% dari luas total kawasan - peraturan tata kota adalah minimal 40% ruang hijau untuk kawasan dan minimal 30% ruang hijau untuk setiap kavling rumahnya), dan tidak adanya pengelolaan terhadap limpahan air hujan ataupun limbah rumah tangga, semuanya dibebankan pada drainase yang hanya bisa membuang...membuang dan membuang hingga pada tampungan terakhir yaitu 'banjir', bukannya dimasukkan ke bumi lagi (agar siklus air berjalan dengan semestinya - keberadaan air permukaan yang seimbang dengan air tanahnya).

"Tidak ada yang bisa dibanggakan pada pengalaman pertama, semua hanya mengikuti alur cerita tanpa bisa menjadi sutradara yang bijaksana."

LAS - Tampak

Desain rumah di Graha Permata Residence ini juga saya gunakan lagi di perumahan Sapta Royal Park (Jl. Bandulan Gg.8/Jl. Sapta Marga, Malang-Jatim):

clip_image002[1]

taman