___CP : Rosi Rahadi__________________
Studio : Jl. Batubara 93 Malang - 65122
E-mail : arsiteka@yahoo.com
Phone : 08123313959/0341-7088824
YM : rosirahadi@yahoo.com
 

Pasar Mojoagung Jombang

Perspektif Bird Eye - Pasar Mojoagung Jombang

Ini adalah proyek besar Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang yang bekerjasama dengan investor yang memakan dana sekitar 33 Milyar. Dikerjakan pada tahun 2005-2006. Berlokasi di Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang, pasar ini merupakan pasar tradisional dengan fasilitas pendukung utama yaitu sub terminal yang mampu menampung sekitar 50 mobil angkot yang berada di antrian parkir. Parkiran yang luas diperkirakan cukup untuk menampung kendaraan pengunjung (mobil, sepeda motor, sepeda, dan becak).

Kavling-kavling yang terdapat disini antara lain Ruko, Toko, Bedak, Los, dan Pasar accidental. Dan fasilitas pendukung Gudang, Depo sampah, Pos jaga, Kantor pasar, Tandon air, Sub terminal, dan Masjid. Tanaman peneduh yang digunakan adalah Kiara payung, Glodokan, dan Palem raja.

Masterplan - Pasar Mojoagung Jombang

Legenda - Pasar Mojoagung Jombang

Pengalaman yang paling sulit dihadapi adalah merencanakan jumlah masing-masing bedak, toko, dan los, karena karena ukuran kavlingnya yang berbeda-beda, maka ketika pihak Pemda merubah jumlah tersebut pada saat gambar desain sudah berjalan pada gambar konstruksi, maka bisa dibayangkan banyak perubahan yang harus diganti disana. Kemudian perencanaan drainase adalah yang paling sulit menurut saya, karena kontur site yang relatif landai dengan panjang site sekitar 407m, maka bisa dibayangkan bahwa perhitungan kemiringan pada saluran pembuangannya harus hati-hati sekali.

Kota Jombang yang terkenal sebagai kota santri dan gaya arsitektur mediterania yang sedang ngetren saat itu menjadi pilihan kolaborasi gaya arsitekturnya. Bentuk fisik yang merupakan gaya mediterania dan ornamen khas yang menandai gaya arsitekturnya terdapat sentuhan seni yang terpengaruh oleh Islam.

Pilihan warna dasar yang menghiasi bangunan ini juga agak pelik urusannya, karena ada pihak-pihak dalam diri Pemda yang mempunyai kepentingan-kepentingan yang dibawa dari partai mereka masing-masing, sehing bisa dibayangkan warna dominan yang mempengaruhinya adalah Merah, Kuning, Biru, Hijau, yang mewakili masing-masing partai yang kuat yang berada di tubuh Pemda Jombang......... itulah realita.........

Tampak Site Depan

Tampak Site Samping

Potongan Site X-X

Potongan Site Y-Y

0 comments:

Post a Comment